Memasuki Masa New Normal, Perpustakaan Adakan Stock Opname Koleksi Buku

Tuesday, 11/08/2020 News 0 comments

 

Bekasi, Agustus 2020 -- Setelah hampir tiga bulan lebih lamanya adanya pembatasan aktivitas akibat merehaknya wabah covid-19, masyarakat kini mulai menerapkan tatanan normal baru atau new normal, yaitu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktivitas sehari-hari seperti menjaga jarak, memakai masker, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Memasuki masa new normal, Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) mulai melakukan persiapan sebelum nantinya dapat membuka layanan kembali, salah satunya yaitu dengan pembenahan koleksi buku melalui kegiatan stock opname. Kegiatan stock opname merupakan pemeriksaan ketersesuaian buku secara fisik dengan data pada database perpustakaan. Stock opname ini dilakukan secara menyeluruh pada koleksi buku, tidak hanya di kampus Bekasi saja, tetapi juga pada koleksi buku di Perpustakaan Ubhara Jaya Kampus Jakarta. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dari tanggal 13 Juli sampai dengan 7 Agustus 2020 lalu.

Pada kegiatan stock opname ini, layanan perpustakaan masih harus ditutup, karena pustakawan Ubhara Jaya harus melakukan perapihan jajaran koleksi di rak, kemudian menginventarisasi satu per satu barcode buku ke dalam database SLiMS, memisahkan buku yang salah input, rusak, serta memperbaiki data buku yang ada di dalam sistem. Dari hasil pemeriksaaan terhadap 17.872 eksemplar buku, ditemukan adanya 16.282 buku tersedia, 540 buku tidak tersedia, 378 buku rusak, dan sebanyak 1.050 eksemplar buku sedang dipinjam. Rekapitulasi data tersebut diperlukan untuk memperoleh gambaran nyata dari kondisi koleksi di perpustakaan. Selain itu, Perpustakaan Ubhara Jaya juga melakukan penyiangan koleksi untuk memberikan tempat bagi buku baru yang lebih mutakhir dan sesuai dengan kebutuhan pemustaka.

Pelaksanaan kegiatan stock opname dilaksanakan oleh seluruh staf perpustakaan dibantu tiga mahasiswa magang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, menyediakan hand sanitizer serta adanya penyemprotan disenfektan pada ruangan perpustakaan.

Dengan adanya kegiatan stock opname koleksi buku ini, selain dapat menyajikan data koleksi buku yang tepat, juga diharapkan ketika nanti sudah dapat membuka layanan dalam tatanan normal baru, Perpustakaan Ubhara Jaya dapat menyediakan koleksi buku dalam kondisi yang bagus, terbaru, dan sesuai kebutuhan pemustaka.

 

Comments ( 0 )
Post Comment