Perpustakaan Ubhara Jaya Mengadakan Acara Literasi Digital untuk Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir

Monday, 30/11/2020 News 0 comments

Perpustakaan Ubhara Jaya telah mengadakan kegiatan Literasi Digital bertemakan “Ngobrolin Perpustakaan (Ngopas)” untuk Mahasiswa Tingkat Awal dan Tingkat Akhir. Ada hal berbeda dalam kegiatan literasi tahun 2020 ini, yaitu dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, karena masih dalam masa pandemik covid-19. Acara pun dibedakan sesuai dengan tingkatan semester peserta dan materi kegiatan.

Acara literasi digital yang diselenggarakan selama dua hari ini menghadirkan pemateri dari kalangan Pustakawan Ubhara Jaya. Acara pertama pada hari Rabu (25/11) ditujukan untuk Mahasiswa semester 1 dan 3, disampaikan materi mengenai pengenalan perpustakaan, penggunaan fitur baru katalog online untuk perpanjang mandiri masa peminjaman buku, repository institusi dan aplikasi perpustakaan digital. Sementara itu, materi pada hari Kamis (26/11) yang disampaikan kepada Mahasiswa Ubhara Jaya semester 5 dan 7, terkait dengan akses jurnal elektronik, pemanfaatan repository institusi, pengecekan plagiarisme online, serta penggunaan aplikasi Mendeley untuk mendukung mahasiswa dalam penyusunan karya ilmiah dan tugas akhir.

Melalui kegiatan literasi digital ini, Mahasiswa Ubhara Jaya diharapkan dapat mengenal perpustakaan lebih dalam, sehingga dapat memanfaatkan semua fasilitas, layanan digital, sumber informasi dan aplikasi perpustakaan dengan baik. Adanya antusiasme mahasiswa yang tinggi terhadap penyelenggaraan acara ini, selanjutnya Perpustakaan akan membuka kelas literasi setiap pekan bagi Mahasiswa Ubhara Jaya yang dibatasi maksimal 5 orang, dengan materi sesuai kebutuhan dari mahasiswa yang bersangkutan. (FS)

Comments ( 0 )
Post Comment