Penulis : M. Yahya Harahap, S.H.
ISBN : 979-8767-72-1
Penerbit : Sinar grafika
Tgl. Terbit : 07 Juni 2012
Halaman : 472

 KUHAP sebagai hukum acara pidana berisi ketentuan tata tertib proses penyelesaian penanganan kasus tindak pidana, sekaligus memberi legalisasi hak asasi kepada tersangka atau terdakwa untuk membela kepentinganya di didepan pemeriksaan aparat penegak hukum.
 pada dasarnya KUHAP di harapkan secara efektif dapat mengubah mental penegak hukum sehingga terbina satuan tugas penegak hukum yang berwibawa dan mampu bertindak dengan pendekatan manusiawi yang memenuhi rasa tanggung jawab.
 pada buku 1 (jilid 1) di bahas proses penanganan tindak pidana yang berada di wilayah kekuasaan ke polisian dan kejaksaan. selain itu, buku ini memuat 20 bab menyangkut masalah KUHAP termasuk penyempurnaan, landasan, motivasi, tujuan, prinsip, ketentuan umum, serta ruang lingkup berlakunya KUHAP, fungsi dan peran polisi, penyelidikan, penyidikan, penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan, pemeriksaan, hak dan kedudukan tersangka, bantuan hukum, penyerahan berkas perkara, penuntutan umum, serta bentuk penghentian dan perubahan surat dakwaan. dengan demikian, upaya penegakan hukum dan pengembanganya terlaksana secara konkret.