Panduan

LAYANAN SIRKULASI DALAM MASA PANDEMI

Layanan Sirkulasi Tertutup Perpustakaan Ubhara Jaya Dalam Masa Pandemi Covid - 19

1. Layanan Sirkulasi khusus untuk layanan peminjaman dan pengembalian koleksi buku (textbook) bagi anggota Perpustakaan Ubhara Jaya

2. Anggota Perpustakaan (pemustaka) mencari koleksi buku melalui katalog online dengan mengakses http://catalogue.ubharajaya.ac.id , klik Details untuk mengetahui ketersediaan koleksi.

3. Silahkan kirim screenshot ketersediaan dan informasi detail buku terlebih dahulu ke nomor WhatsApp 083812182284 atau 083876724822 (hanya WhatsApp, tidak menerima telepon) untuk pemesanan koleksi buku.

contoh screenshoot:

ss

4. Selanjutnya, pustakawan akan mencarikan buku tersebut dan mengkonfirmasikan ketersediaan buku kepada pemustaka.

5. Pemustaka membuat janji dengan pustakawan untuk pengambilan buku yang ingin dipinjam. Buku diambil langsung oleh yang bersangkutan di bagian pelayanan perpustakaan pada waktu yang sudah disepakati sesuai jam kerja yaitu pada hari Senin-Jumat, pukul 08.30-16.00 WIB.

6. Buku yang dipinjam diambil langsung oleh yang bersangkutan di Perpustakaan dengan menunjukan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) atau Kartu Perpustakaan.

7. Pengembalian buku dilakukan dengan datang ke Perpustakaan sesuai jam kerja pada hari Senin-Jumat, pukul 08.30-16.00 WIB.

8. Lama waktu peminjaman dan jumlah maksimal buku yang dipinjam tetap mengikuti peraturan sebelumnya, yaitu Dosen dapat meminjam maksimal 3 (tiga) buku dengan waktu peminjaman 2 minggu, dan Mahasiswa maksimal 2 (dua) buku dengan waktu peminjaman 1 minggu.

9. Denda keterlambatan pengembalian buku akan diberlakukan sesuai peraturan sebelumnya yaitu Rp 1.000/per hari tiap buku.


PERPANJANGAN PEMINJAMAN BUKU SECARA MANDIRI

1. Perpanjangan waktu peminjaman buku dapat dilakukan secara mandiri oleh pemustaka tanpa harus datang ke Perpustakaan dengan maksimal dua kali perpanjangan. Perpanjangan mandiri hanya dapat dilakukan sebelum tanggal pengembalian buku.

2. Buka website katalog online Perpustakaan Ubhara http://catalogue.ubharajaya.ac.id, kemudian pilih menu “Perpanjang Mandiri”.

ss

3. Login dengan memasukkan nomor ID Anggota Perpustakaan atau NPM.

4. Isikan nomor barcode buku yang ingin diperpanjang peminjamannya (contoh: 001841B), lalu klik “Perpanjang”, sehingga perpanjangan buku mandiri berhasil dilakukan, seperti gambar dibawah ini.

ss

5. Klik “Selesaikan Transaksi” untuk mengakhiri proses perpanjangan secara mandiri.

6. Buku yang telah melewati tanggal pengembalian buku, tidak dapat diperpanjang secara otomatis dan harus dikembalikan ke Perpustakaan.

7. Apabila mengalami kesulitan, dapat mengirim pesan ke nomor WhatsApp 083812182284 atau 083876724822 , dan email: [email protected]