NgabuBookRead Cerdas Hadir Kembali Menyapa Mahasiswa Ubhara Jaya

Berita Single

Bekasi 16 Mei 2019, pada bulan Ramadhan ini, Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya kembali menyapa mahasiswa melalui acara literasi informasi. Acara tersebut dilaksanakan pada siang hari hingga waktu berbuka puasa dan tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan, sehingga acara diberi nama NgabuBookRead Cerdas Batch 3. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah peserta yang hadir lebih banyak yaitu 51 Mahasiswa yang merupakan perwakilan dari tiap program studi di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Konsep acara NgabuBookRead Cerdas Batch 3 ini adalah tim Perpustakaan mengajak mahasiswa belajar bareng untuk memanfaatkan sumber informasi dengan cara menyenangkan. Materi kali ini adalah seputar pemanfaatan fasilitas perpustakaan seperti penelusuran katalog online, repositori, akses perpustakaan digital, tata cara pengutipan sumber informasi serta pengenalan aplikasi Mendeley. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada NgabuBookRead Cerdas Batch 3 ini peserta juga diminta untuk berdiskusi mengenai bahaya ledakan informasi di media sosial dan bagaimana strategi mereka untuk menghadapi tantangan tersebut. Antusias muncul dari setiap peserta, baik pada saat sesi materi maupun sesi diskusi. Sebagai apresiasi, tim Perpustakaan menyediakan games edukasi serta hadiah menarik bagi pemenang maupun kepada peserta yang aktif selama mengikuti acara.

Harapan kedepannya, kegiatan literasi informasi tersebut tidak hanya diselenggarakan setahun sekali, tetapi juga dapat dilanjutkan dengan kelas literasi setiap tiga atau empat bulan sekali. Melalui kelas literasi informasi tersebut, Perpustakaan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya diharapkan dapat memberikan materi secara lebih spesifik sesuai kebutuhan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran di kampus sehingga mahasiswa dapat lebih fokus menyerap informasi yang disampaikan dan fasilitas perpustakaan dapat lebih dimanfaatkan dengan maksimal. (fsi)

Posted by Administrator

Related Posts: