Pelaksanaan Webinar Pemanfaatan Basis Data Terbuka

Berita Single

Webinar Pemanfaatan Sumber Basis Data Terbuka untuk Penulisan Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Ubhara Jaya telah berjalan dengan baik. Webinar ini diikuti oleh 300 lebih peserta baik itu sivitas akademika Ubhara Jaya maupun umum.

Beberapa kesimpulan yang didapat dari diskusi adalah bahwa bibliometrika adalah analisis kuantitatif terhadap dokumen dan publikasi ilmiah lainnya dengan menerapkan metode matematika dan statistika. Bibliometrika dapat membantu mengidentifikasi topik yang potensial untuk dikembangkan, mencari pakar di bidang tertentu, dan mengeksplorasi metode yang digunakan untuk bidang tersebut. Selain itu, Bibliometrika juga berguna dalam proses penyusunan proposal, menentukan teori yang akan mendasari riset, dan proses publikasi. Dalam proses publikasi, Bibliometrika dapat membantu menentukan target publikasi yang sesuai dengan topik riset.

Kemudian penggunaan beberapa database yang sudah digunakan di penelitian-penelitian sebelumnya, seperti referensi-referensi yang sudah diterbitkan dalam artikel yang sudah terpublikasi, sehingga nantinya ada keberlanjutan dari pengembangan artikel ini. Selain itu, juga menyebutkan ada pedoman yang dibuat sebagai acuan dalam menerbitkan karya tulis ilmiah. Pedoman tersebut berisi trik-trik dalam mencari e-resource yang nasional, seperti Garuda, Sinta, Ramadhan, dsb. Pedoman tersebut juga membahas bagaimana cara melihat potensi-potensi novelty yang didapatkan dan bagaimana melakukan proses presentasi dari apa yang sudah didapatkan.

Berbagai masukan diberikan oleh peserta webinar. Salah satunya adalah harapan diadakannya kegiatan webinar dengan materi serupa sehingga dapat memberikan pengetahuan yang lebih banyak.

 

Posted by Administrator

Related Posts: