Workshop Unggah Mandiri Publikasi Dosen pada Repository Ubhara Jaya

Berita Single

Kegiatan penelitian dan publikasi artikel ilmiah menjadi kewajiban utama bagi Dosen setelah melaksanakan pengajaran dan pembelajaran. Seiring dengan tuntutan agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan secara lebih luas oleh masyarakat maka saat ini media publikasi dialihkan dalam bentuk elektronik yang dapat diakses secara online oleh masyarakat, diantaranya adalah melalui repository institusi.

Untuk mendukung hal tersebut, Perpustakaan Ubhara Jaya menyelenggarakan kegiatan “Workshop Unggah Mandiri Publikasi Dosen pada Repository Ubhara Jaya” secara daring melalui aplikasi Zoom pada hari Selasa, 23 Februari 2021. Acara workshop dibuka oleh Wakil Rektor I, Prof. Tatang Ary Gumanti, M.Buss, Acc, Ph.D. Hadir sebagai narasumber Bapak Erick Saut H. Hutahaean, S.Psi, M.Psi selaku Kepala Bidang Penelitian pada Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat dan Publikasi (LPPMP) Ubhara Jaya yang menyampaikan mengenai pentingnya memahami bahwa dokumen yang diunggah ke dalam Repository berupa artikel ilmiah yang juga telah memenuhi kaidah penulisan akademik dan telah melalui cek plagiarisme sehingga dapat meningkatkan kinerja publikasi dosen. Pada workshop ini, para peserta yang berjumlah sekitar 73 orang Dosen Tetap Ubhara Jaya juga diberikan pelatihan teknis cara menggunggah dokumen dan artikel ilmiah ke dalam Repository, yang disampaikan oleh Staf IT Perpustakaan, Yusac Firmansyah, S.I.Pust selaku Operator Repository Ubhara Jaya.

Dari pelaksanaan kegiatan workshop ini, diharapkan fungsi Repository Ubhara Jaya dapat lebih dikembangkan sebagai media penyimpanan dan publikasi civitas akademik Ubhara Jaya, terutama memaksimalkan fungsi repository dalam peningkatan kinerja dosen. (FS)

Posted by Administrator

Related Posts: